Sabtu, 30 Juni 2018

RESENSI RINGAN: MORTE -Extended Version (2014)


Judul :MORTE -Extended Version-
Tema : Misteri, Drama
Penulis/Komikus : EKYU circle
Penerbit : Muffin Graphics (PT Mizan Pustaka)
ISBN : 978-602-9329-87-2
Terbit/Cetakan 1 : Maret 2014
Dimensi : 13 x 19 cm
Tebal : 160 hlm
Harga Awal : Rp 26.000,-


Dapat komik ini (+beberapa komik lain, satu paket) dari bukabuku.com, tahun lalu -pengalaman belanja online perdana :D Yang bikin tertarik tentu dari cover-nya, sukses bikin penasaran -kaya kitab-kitab ajaib gitu.

Oh, dan ternyata ini adalah versi ‘panjang’ dari MORTE yang sudah pernah terbit di tahun 2009 (m&c KOLONI).

Ber-setting di daerah Eropa, berfokus pada kehidupan Eris dan adiknya, Oriel. Mereka punya hubungan yang kompleks (sister complex, kata Reed). Konflik di keluarga (yang secara mengalir akan dijelaskan lewat narasi dan dialog) yang jadi bagian penting dari cerita. Ini sisi dramanya !

Kakak beradik ini dititipkan ke rumah Bibi mereka (dan suaminya) di sebuah kota kecil. Mereka juga mulai bersekolah disana.
Kediaman mereka kebetulan tidak jauh dari sebuah rumah kosong, yang katanya berhantu, kemudian diketahui adalah milik keluarga Leister. Eris, sebagai ‘anak baru’ disekolah, langsung mendapatkan tantangan untuk masuk ke rumah kosong itu. Lalu ada Reed, yang ngga percaya hantu, sebaliknya, ia berusaha mengungkap kebenaran tentang kasus pembunuhan di rumah itu, 40 tahun lalu. Dan Oriel, yang menunjukkan ‘ketertarikannya’ pada rumah itu, sejak ia dan Eris pertama kali melewatinya. Ini bagian misterinya !


Dibagi dalam 3 chapter, dengan twist di ending, yang tidak ‘dijelaskan’ secara gamblang, dan mengajak pembaca harus lebih berpikir :D Lalu ada chapter penutup tentang sejarah rumah itu.

Perpaduan cerita yang unik, walau ada hal yang jadi pertanyaan saya di akhir: mungkin dari sisi ‘drama’ Eris dan Oriel yang belum/ tidak ‘selesai’. Untuk art, gaya manga, dengan kualitas yang oke, dan panellingnya yang beragam. Overall, cukup keren !





Posting Terkait Dalam Folder Yang Sama :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks for Reading !
Leave your comment here....