Kamis, 01 Februari 2018

RESENSI RINGAN: Komik “THE CURSED” (2013)

Judul:THE CURSED
Tema:Horor, Misteri
Penulis/Komikus:Felix Setiawan
Penerbit:m&c Koloni (PT Gramedia)
ISBN:9786022661474
Terbit/Cetakan 1:Agustus 2013
Dimensi:11,3 x 17,5 cm
Tebal:200 hlm
Harga Awal:Rp 21.500,-


Komik oneshot ini bercerita tentang 5 sahabat: Kevin, Lina, Mia, Andy, dan Bernard, yang melakukan road-trip bersama (menggunakan mobil) –seperti yang selalu mereka lakukan tiap akhir tahun. Tapi, Kevin –karakter utama kita, punya firasat kurang enak pada road-trip kali ini. Juga Bernard –yang nyetir mobil, merasa ada yang ganjil di jalur yang mereka lalui –padahal dia sudah puluhan kali melewati jalur yang sama. Mereka terpaksa berhenti di sebuah kota kecil –yang Bernard yakin, di jalur itu TAK PERNAH ada kota kecil sebelumnya.

“Mereka sama sekali tak menyadari, kekuatan gelap tengah menggiring mereka ke sebuah jebakan maut.”

Dapat di rak Gramedia Veteran Banjarmasin, 2014 lalu (waktu itu dapat diskon 20%) :D
Sebelumnya sudah tau komik ini dari ulasan di majalah (komik) online KOLOMagazine edisi Desember 2013.

Cover-nya yang simpel, bernuansa darah + judul yang terpampang jelas dengan font besar. Jelas menarik perhatian, dan sedikit banyak bisa ‘mewakilkan’ isi cerita.

*(2 ilustrasi di cover depan-belakang adalah bagian dari panelling komik)

Tema-nya tentu agak familiar kalau dihubungkan dengan konsep (yang setau saya aja) di film-film horor/thriller, khususnya film Barat. Beberapa teman pergi/liburan bareng (biasanya, diantaranya ada couple), lalu ada hal-hal yang tidak sesuai rencana, panik, terpencar, dst.... Bahkan, untuk setting tempat, dan ‘makhluk’ yang menjadi teror di cerita ini juga memang lebih mengarah ke Barat.
*(walau dihalaman sebelumnya dijumpai SPBU yang Indonesia banget) :D

Di bagian awal, saat ‘serangan pertama’, panelling-nya agak sedikit bikin bingung: yang ini setelah ini, atau yang itu waktunya bersamaan, trus kenapa tiba-tiba ngilang ?


Tapi makin kebelakang, sudah terbawa suasana, ketegangannya meningkat, inti cerita terkuak. Dan sesuai dengan curcol komikus di ujung buku, soal kesukaannya akan komik-komik dengan cerita & artwork yang fantastis, sepertinya terpampang nyata di bagian akhir jelang klimaks sampai ending, yang menurut saya adalah bagian paling keren di komik ini.

Untuk sebuah komik debut, cukup fantastis.





Posting Terkait Dalam Folder Yang Sama :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks for Reading !
Leave your comment here....